Minggu, 29 Juni 2008

PENANAMAN MANGROVE DITELUK KENDARI.

PENANAMAN MANGROVE DITELUK KENDARI.

Ekosistem sumberdaya kelautan dan perikanan di perairan Teluk Kendari Kota Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara cukup banyak manfaatnya terutama dalam menunjang kegiatan pembangunan, oleh sebab itu dalam pemanfatannya perlu di lakukan secara optimal dan berkelanjutan.

Dalam pemanfaatan Ekosistem di Perairan Teluk Kendari Kota Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara dan Sekitarnya adalah ekosistem Hutan Bakau, umumnya digunakan untuk kegiatan pertambakan, tambat labuh kapal, Pariwisata, dan lain-lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas dan memperhatikan kebijakan pemerintah bahwa pemanfaatan ekosistem diarahkan pada optimalisasi kegiatan kelautan dan perikanan yang bertanggung jawab, berdaya guna dan berhasil guna dengan tetap menjaga kelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan dan lingkungannya, serta mendukung program pengawasan dan pengendalian pengelolaan ekosistem, maka pemerintah pusat dalam hal ini Satuan Pengawas Perikanan PPS Kendari perlu melaksanakan kegiatan Operasi Pelestarian Mangrove di Teluk Kendari untuk pengawasan ekosistem laut yaitu cara melakukan penanaman bibit Mangrove diperairan Teluk Kendari dan sekitarnya.

Kegiatan operasi Pelestarian Mangrove di Teluk Kendari Kota Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara dan sekitarnya dimaksudkan untuk melestarikan Ekosistem Mangrove di Teluk Kendari.

Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah melakukan penanaman bibit pohon mangrove di daerah yang sudah tidak ada pohon mangrovenya karena sudah ditebang oleh masyarakat dan memberikan contoh pada masyarakat untuk melakukan pelestarian ekosistem mangrove dengan rasa tanggung jawab dengan tetap menjaga kelestarian Ekosistem Mangrove dan lingkungannya.

Adapun Pengertian Mangrove adalah Jenis pohon khusus yang dapat hidup pada tanah (campuran pasir dan lumpur) atau rawa asin (payau). Jenisnya seperti api-api, lolaro, posi-posi dan ting. Habitat mangrove disebut juga hutan bakau merupakan gabungan berbagai tumbuhan, terutama pohon-pohon mangrove yang hidup disepanjang garis pantai, pada daerah pasang surut, yang berfungsi pelindung daratan dari erosi oleh ombak, penyaring pencemaran organik dan kimia sehingga perairan terumbuk karang dan padang lamun tetap bersih.

Pelaksanaan Kegiatan operasi pelestarian Mangrove di Teluk kendari Kota Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara dan sekitarnya dilaksanakan selama 60 (enam puluh) hari yang dilakukan oleh Satuan Pengawas Perikanan PPS Kendari bekerjasama dengan Yayasan Pelestarian Laut dan Pantai (MCCF) berhasil menanam pohon mangrove sebanyak 1000 pohon.

Pelaksanaan Penanaman bibit pohon mangrove dilaksanakan berkoordinasi dengan aparat Kelurahan Puday dan Kepala Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) 14 Kelurahan Puday Kota Kendari dimana ditempat itu dilakukan penanaman.

Pengirim : Mukhtar, A.Pi

Kepala Satker PSDKP Kendari

http://mukhtar-api.blogspot.com

www.p2sdkpkendari.com

Tidak ada komentar: