Sabtu, 28 Juni 2008

31 Pulau Belum Bernama di Propinsi KalSel

31 Pulau Belum Bernama di Propinsi Kalimantan Selatan

Masih banyak pulau-pulau masuk wilayah Kalimantan Selatan belum memiliki nama. Padahal, puluhan pulau itu punya potensi perikanan yang besar.

Data dari Biro Pemerintahan Provinsi Kalimatan Selatan, masih terdapat 31 pulau kecil yang belum bernama.

Fakta ini dibahas dalam rapat bersama antara Biro Pemerintahan Kalsel, Pemkab Tanah Laut, Pemkab Tanah Bumbu, Pemkab Banjar, Pemkab Kotabaru, Pemkab Barito Kuala dan Pemko Banjarmasin, Kamis (5/6).

Pertemuan itu merupakan salah satu upaya untuk mendata kembali penamaan 129 pulau kecil yang berada di Kalsel.

Kepala Bidang Pembinaan dan Penataan Biro Pemerintahan Kalsel, H Ardiansyah mengatakan, pihaknya meminta kepada setiap kabupaten yang memiliki pulau kecil segera mendata ulang pulau-pulau tersebut.

"Sebenarnya sudah ada nama yang tertera di peta, namun kita perlu mendata ulang pulau kecil sesuai kriteria Peraturan Presiden RI Nomor 78 Tahun 2005 Tanggal 29 Desember 2005," ujarnya.

Menurut Peraturan presiden tersebut, pulau kecil terluar adalah pulau dengan luas area kurang atau sama dengan 2000 km2, memiliki titik-titik dasar koordinat geografis, menghubungkan garis pangkal laut kepulauan sesuai dengan hukum internasional dan nasional.

Ardiansyah menjelaskan, di antara 107 pulau kecil yang berada di Kabupaten Kotabaru, 73 pulau belum berpenghuni. Selain itu, di Kota Banjarmasin terdapat satu pulau yang belum memiliki nama, letaknya di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Untuk pemberian nama, bisa diusulkan melalui penduduk pulau tersebut, atau usulan dari pihak kecamatan dan kabupaten. kemudian pemerintah provinsi mengajukannya ke pemerintah pusat.

Kasi Sarana dan Prasarana perlengkapan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalsel, Winarno menambahkan, pendataan pulau-pulau ini bermanfaat untuk menggali potensi perikanan.

"Hal yang terpenting bukan pada pemberian nama pulau, tetapi upaya kita mengelola pulau-pulau kecil tersebut," kata Winarno.

Rendahnya pengawasan di perairan Kalsel menjadi kendala dalam pengelolaan kelautan dan perikanan. "Ini bukan saja menjadi permasalahan di daerah tetapi juga menjadi permasalahan nasional. Bahkan hal itu diakui oleh pihak Danlanal, mereka punya keterbatasan fasilitas untuk bertugas," ujarnya. (ee)

Daftar Nama Pulau Yg Bernama dan tidak bernama di Prov Kalsel.

No.

Kabupaten

Bernama

Tidak bernama

Ket

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Kota Baru

Tanah Laut

Barito Kuala

Tanah Bumbu

Banjarmasin

Banjar

85

7

1

5

-

-

22

-

-

5

1

3



Jumlah

98

31


(BANJARMASIN, BPOST).

Pengirim : Mukhtar, A.Pi

Kepala Satker PSDKP Kendari

http://mukhtar-api.blogspot.com

Tidak ada komentar: