Minggu, 31 Agustus 2008

Profil Yayasan Pelestarian Laut dan Pantai

YAYASAN PELESTARIAN LAUT DAN PANTAI

(Marine and Coastal Conservation Foundation- MCCF)

PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Yayasan Pelestarian Laut dan Pantai - Marine And Coastal Conservation Foundation (MCCF) merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Sulawesi Tenggara yang dibentuk dan dikelola secara Independent oleh para aktifis profesi Pengembang Masyarakat Nelayan dan para profesi di bidang Lingkungan hidup Sumber Daya Alam Laut dan Pantai. Inisiatif pelestarian laut dan pantai ini dimulai sejak tanggal 15 Juni 1987 di Jakarta.

Para pengelola inisiatif pelestarian laut dan pantai ini melakukan serangkaian diskusi dengan adanya berbagai masalah dibidang ekosistem laut dan pantai khususnya di Sulawesi Tenggara maka tanggal 4 Pebruari 2005 disepakat untuk melembagakan dalam bentuk badan hukum di Kendari. Dasar pemikiran Kota Kendari (ibukota Propinsi Sulawesi Tenggara) sebagai pusat pengelolaan yayasan ini oleh karena tingginya kasus-kasus illegal fishing (penangkapan ikan secara illegal) terutama Destructive Fishing yaitu dynamite fishing (bom) dan cyanide fishing (bius) dan perusakan terumbuk karang yang menjadi keprihatinan utama yayasan ini untuk ditanggulangi dalam jangka panjang. Meskipun demikian, MCCF telah berkomitmen kuat untuk tidak hanya melaksanakan program-programnya di Sulawesi Tenggara. Ada beberapa faktor kajian sebagai dasar terbentuknya MCCF, antara lain :

1. Kehidupan Masyarakat Nelayan Laut (tradisional) dan Masyarakat pesisir pantai sangat berkaitan dengan upaya pelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan (Kawasan pesisir, mangrove, terumbu karang, dan laut).

2. Kerusakan ekosistem laut dan pantai bukan” semata ulah masyarakat nelayan “ tetapi lebih terdorong oleh terjadinya ketimpangan sosial dan ketidakadilan dalam pemanfaatan hasil laut.

3. Kelompok nelayan yang hidup di laut (Bajo), masyarakat pesisir Pantai dan pulau-pulau kecil selama ini diabaikan oleh sistem politik, ekonomi dan budaya. Mereka masyarakat Nelayan seakan bukan bagian dari anak bangsa yang berhak mendapatkan perhatian dan kehidupan yang layak.

4. Masyarakat nelayan selama ini tidak dipisahkan, antara nelayan pengusaha, Nelayan Pemilik Kapal, dan Nelayan buruh serta Nelayan Tradisional. Padahal etos kerja 4 kategori nelayan ini sangat berbeda. Nelayan Buruh dan Nelayan Tradisional selalu berada pada posisi kritis untuk mengembangkan usahanya karena dihadang oleh berbagai aturan yang dibuat oleh Birokrasi secara sepihak.

5. Akibatnya, mereka nelayan tradisional tidak jarang melakukan jalan pintas dalam mendapatkan ikan dengan cara yang tidak mengindahkan Tatalaksana perikanan yang bertanggungjawab (Code Of Conduct For Responsible Fisheries).

Untuk melaksanaan program-program MCCF Sulawesi Tenggara selain dengan dana swadaya juga akan bermitra dengan Pemerintah Daerah/Dinas Teknis terkait, membuka jaringan kemitraan pada beberapa LPSM Nasional serta Lembaga Donor Internasional yang secara khusus konsentrasi pada upaya Penyelamatan dan Pelestarian (Perlindungan, Pemeliharaan, Rehabilitasi, Restorasi dan Peningkatan Populasi dan Ekosistem) Laut dan konservasi lingkungan pantai melalui strategi Pendekatan Pelayanan Berbasis Ekonomi kerakyatan pada masyarakat Nelayan.

2. VISI

Mewujudkan pelestarian ekosistem laut dan pantai untuk meningkatkan kesehjateraan masyarakat pesisir pantai, nelayan dan termasuk masyarakat adat di Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara.

3. MISI

1. Melestarikan ekosistem laut, mangrove, padang lamun, dan terumbu karang.

2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir pantai, nelayan, termasuk masyarakat adat.

3. Mengembangkan kerjasama dengan pemerintah, dunia usaha dan lembaga swadaya masyarakat dan Lembaga Donor Internasional yang berbasis pelestarian laut dan pantai.

4. STRATEGI

Strategi yang dikembangkan MCCF untuk mewujudkan Visi dan Misinya adalah melalui analisis dan advokasi kebijakan Pemerintah, Baik Ekonomi, Hukum maupun Lingkungan Sumberdaya Alam Laut dan Pantai.

5. PENDEKATAN PROGRAM

Participatory : Keikutsertaan Masyarakat Nelayan secara aktif dalam semua tahapan kegiatan; mulai Identifikasi masalah, Perencanaan terfokus, Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi Kegiatan.

Local Resources : Membangun Sumber Daya dan Demokrasi dan Pranata adat Lokal melalui Pendekatan yang berbasis pada kelompok.

Accountability : Seluruh Kegiatan harus dapat dipertanggung jawabkan kepada Publik, baik secara teknis maupun secara administratif.

Transformatif : Setiap Program yang dilakukan dapat menciptakan perubahan yang bersifat mendasar dan membangun.

Sustainability : Hasil kegiatan dapat dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat sendiri dan diaplikasi pada daerah-daerah lain.

6. PROGRAM

A. Wilayah Sasaran

Wilayah sasaran Program Yayasan Pelestarian Laut dan Pantai – Marine Coastal Conservation Foundation (MCCF), mencakup seluruh Perairan Laut, pulau-pulau kecil dan Pantai di Kabupaten / Kota se Propinsi Sulawesi Tenggara.

B. Jenis Program

Pengkajian dan Penguatan Pranata Adat.

1. Pengkajian pranata adat masyarakat Lokal dalam perlindungan dan pengawasan pelestarian laut dan pantai.

2. Melakukan pembinaan dan pem- berdayaan pranata adat masyarakat Lokal dalam perlindungan dan pengawasan pelestarian laut dan pantai.

3. Pembentukan pranata adat masyarakat Lokal dalam perlindungan dan pengawasan pelestarian laut dan pantai.

Penghapusan Marginalisasi Ekonomi Nelayan Tradisional.

1. Melakukan modernisasi Alat Tangkap Nelayan Tradisional yang ramah lingkungan.

2. Memberikan bantuan dana stimulan melalui kredit bergulir.

3. Melakukan pendampingan dan Pelayan Masyarakat (Community Development and Community Services)

Pelestarian Ekosistem Laut dan Lingkungan Pantai.

2. Kampanye Penyelamatan Ekosistem pesisir, mangrove, terumbu karang, dan laut.

3. Pelestarian Ekosistem pesisir, mangrove, terumbu karang, dan laut.

4. Pelestarian biota laut yang dilindungi.

5. Pembentukan Kelompok Konservasi dan Pengawas Masyarakat (POKWASMAS).

6. Pemberantasan Illegal Fishing.

7. Wisata Bahari berbasis Lokal .

Pendidikan dan Pelatihan

8. Pelatihan Perlindungan, Pemeliharaan, Rehabilitasi, Restorasi Ekosistem Laut dan pantai.

9. Pelatihan Manajemen Konservasi dan pelestarian ekosistem laut dan pantai.

10. Pelatihan Usaha Perikanan tangkap dan budidaya.

11. Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Berbasis Masyarakat (Community Based Planning).

12. Pembentukan Lembaga Pendidikan Berbasis Kebutuhan Pengelolaan SDA Laut dan Pantai.

Publikasi dan Informasi

13. Menyediakan pelayanan informasi dibidang perikanan, usaha perikanan, konservasi dan pelestarian ekosistem laut dan pantai.

14. Menyebarluaskan berbagai informasi hasil studi, kegiatan pelestarian ekositem laut dan pantai.

C. Sumber Dana

· Iuran Pendiri Yayasan.

· Iuran dari Masyarakat yang Peduli terhadap Program MCCF.

· Kerjasama dengan Pemerintah dan Lembaga Swasta.

· Kerjasama dengan LSM dan Lembaga Donor Internasional

· Usaha – Usaha oleh Yayasan.

· Sumbangan lain yang tidak bersifat mengikat.

7. MANAJEMEN

15. Pembina

Ketua : Mukhtar, A.Pi

Sekretaris : Kerismiaty

16. Pengawas

Ketua : Drs. Basirun

Sekretaris : Ir. Lapanga, M.Si

Anggota : Hj. Sitti Patima

17. Pengurus.

Direktur : Abunaim Masdar, S.Pi

Sekretaris : Andi Mannojengi, S.ST.Pi

Bendahara : Kerisswasty

4. Konsultan Ahli

· Lingkungan dan Agribisnis : Ir. Lapanga, M.Si (Universitas Sulawesi Tenggara)

· Pengembangan Jaringan : Ir. Arsyad Abdullah,

Lamorianyah Syamsuddin

· Manajemen Sumberdaya Perairan

Ir. Muhammad Ramli, M.Si (UNHALU)

Ma’ruf Kasim,S.Pi,M.Si,Ph.D. (UNHALU

5. Devisi - Devisi

· Program dan Jaringan

Ishaq Warsandi, S.Pi

Masmidin,S.Pi

Ahmad Sadaruddin, S.Pd

Mursalim, S.Pd M.Si

· Penelitian

Hasria, S.Pd, M.Si

Abuhuraera, S.Pi

La Ode Mansyur, S.Pi

· Advokasi

La Anda Bakeostin, B.Sc, SH

Iskandar Maharaja,SH

La Hole, SH

Hasri Budi B, SH.

· Pendidikan dan Pelatihan

La Pelita, SH

Hartono,S.Pi

Haeruddin, S.Pd

Abd. Quddus, S. St.Pi

· Perwakilan

Kab. Muna : Muhamad Ariston, S.ST.Pi

Kab. Konawe : M. Djamin

Kab. Buton : Suhardi, A.Pi

Kab Konsel : Haeruddin, S.Pd

- Profil Personil

· Abunaim Masdar, Sarjana Perikanan Universitas Haluoleo Kendari Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, berpengalaman dalam bidang penelitian Oseanografi, mangrove, lamun dan Bivalvia serta pernah aktif dibeberapa LSM.

· Andi Mannojengi, Sarjana Sains Terapan Perikanan STP Jakarta Jurusan Penangkapan Ikan, berpengalaman sebagai Pengawas Perikanan.

· Kerisswasty, Amik Kendari jurusan komputer akutansi.

· Mukhtar, Ahli Perikanan STP Jakarta Jurusan Penangkapan Ikan, berpengalaman sebagai Pengawas Perikanan, PPNS Perikanan, Wakil Direktur SUPM Kendari, Direktur SMK Kelautan dan Perikanan, Dosen Institut Teknologi Kelautan Kendari serta dalam bidang pengawasan dan pelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan dan pemberdayaan kelompok pengawas masyarakat.

· Kerismiaty, Berpengalaman dalam bidang kesekretariatan.

· Drs. Basirun, Pemerhati Pengembangan Masyarakat, berpengalaman dalam bidang penelitian pemberdayaan masyarakat pesisir dan proyek-proyek Bank Dunia serta pernah aktif dibeberapa LSM.

· Ir. Lapanga, M.Si, Kandidat doktor, Ahli Lingkungan dan Ahli Agribisnis, berpengalan sebagai Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sulawesi Tenggara Kendari, serta dalam bidang penelitian mangrove dan pertanian.

· Ir. Arsyad Abdullah, berpengalaman sebagai Dewan Nasional Walhi Jakarta, konsultan YASPPUK Jakarta, Konsultan CD WASSPLIC Sultra Bank Dunia, Fasilitator Daerah Sultra PKM-UNDP, Team Leader Pengembangan TNRAW CEPI-Canada, dan Konsultan Manajemen PPK Bank Dunia di Sultra.

· Lamorianyah Syamsuddin Tolong Diisi

· Ir. Muhammad Ramli, M.Si Ahli dibidang Manajemen Sumberdaya Perairan, Peneliti Bidang Perikanan dan Kelautan, Dosen Fakultas Perikanan di UNHALU.

· Ma’ruf Kasim,S.Pi,M.Si Ahli dibidang Manajemen Sumberdaya Perairan, Peneliti Bidang Perikanan dan Kelautan, Dosen Fakultas Perikanan di UNHALU.

· Ishaq Warsandi, Sarjana Perikanan Universitas Haluoleo Kendari Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, berpengalaman dalam bidang penelitian Oseanografi, Mangrove, Lamun dan Terumbu karang serta Bivalvia serta pernah aktif dibeberapa LSM.

· Masmidin, Sarjana Perikanan Universitas Haluoleo Kendari Jurusan Budidaya Perairan, berpengalaman dalam bidang penelitian Budidaya Perikanan, Oseanografi, mangrove, lamun dan Terumbu Karang.

· Hartono, Sarjana Perikanan Universitas Haluoleo Kendari Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, berpengalaman dalam bidang penelitian Oseanografi, Mangrove, Lamun dan Terumbu karang.

· Abd. Djalil, Sarjana pertanian dibidang hama penyakit tumbuhan, berpengalaman sebagai fasilitator pemberdayaan masyarakat dan pernah aktif dibeberapa LSM.

· Ahmad Sadaruddin, Sarjana pendidikan Universitas Haluoleo jurusan Pendidikan IPS,berpengalaman sebagai tim tehnis pada proyek SP3, Tenaga fasilitator pada Proyek Colaborative Enviromental Project in Indonesia (CEPI), program pemulihan keberdayaan masyarakat (YPI-PKM Jakarta), Commonity Development Fasilitator proyek SAADP LOAN 4007 (LEPSEK-BAPPEDA TK.I SULTRA-BANK DUNIA). Dan pernah aktif pada beberapa LSM.

· Mursalim, S.Pd, M.S. Berpengalaman dalam bidang pendidikan khususnya Bahasa Inggris dan ahli bidang komputer.

· Hasria, Sarjana pendidikan Universitas Haluoleo dan Master science (Universitas Gajah Mada) bidang keahlian Geofisika (Fisika bumi) dan Kelautan. Dosen tetap pada FMIPA UNHALU, berpengalaman dalam bidang Pengembangan Teknologi Informasi dan metode Geofisika untuk Analisis Laut dan Perpantaian.

· Abuhuraera, Sarjana Perikanan Universitas Unidayan Iksanuddin Bau-bau jurusan Budidaya Perairan berpengalaman dalam bidang budidaya rumput laut, dan pernah aktif dibeberapa LSM.

· La Ode Mansur, S.Pi. Berpengalaman dalam bidang Manajemen Sumberdaya Perairan dan bidang penelitian perikanan dan kelautan.

· La Anda Bakeostin, B.Sc, Sarjana Hukum, Lulusan Universitas Sulawesi Tenggara Kendari, berpengalaman sebagai Direktur SUPM Kendari, Wakil Direktur SMK Kelautan dan Perikanan, Kendari, Dosen Institut Teknologi Kelautan Kendari.

· Iskandar Maharaja, Sarjana Hukum Universitas Haluoleo Kendari berpengalaman sebagai asisten notaris Hidayat,SH

· La Hole, D3 Perikanan, Sarjana Hukum Universitas Sulawesi Tenggara Kendari, berpengalaman sebagai Pengajar SUPM dan SMK Kelautan dan Perikanan, Kendari. Pengawas Perikanan, PPNS Perikanan.

· La Pelita, Sarjana Hukum Universitas Sulawesi Tenggara Kendari, berpengalaman sebagai Pengajar SUPM dan SMK Kelautan dan Perikanan dan pernah aktif dibeberapa LSM.

· Haeruddin, S.Pd. Berpengalam dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan, dan pernah aktif dibeberapa LSM.

· Muhamad Ariston, Sarjana Sain Terapan Perikanan STP Jakarta Jurusan Pengelolaan Sumberdaya Perairan. Berpengalaman sebagai tenaga pengajar di SMK Kelautan dan Perikanan Muna.

· M. Djamin, Pemerhati masalah pengawasan dan pelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan dan pemberdayan masyarakat pesisir.

· Suhardi, Ahli Perikanan STP Jakarta jurusan Penangkapan Ikan, Berpengalaman sebagai Pengawas Perikanan, PPNS Perikanan serta dalam bidang pengawasan dan pelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan dan pemberdayaan kelompok pengawas masyarakat.

· Abd. Quddus, Sarjana Sains Terapan Perikanan STP Jakarta Jurusan Penangkapan Ikan, berpengalaman sebagai Pengawas Perikanan. Pengolah data base dan komputerisasi.

LEMBAGA DANA DAN JARINGAN KEMITRAAN

- Lembaga Dana Mitra

1. Departemen Kelautan dan Perikanan

2. Departemen Kehutanan.

3. Pemda

4. Lembaga Donor Internasional

- Kerjasama Jaringan LPSM dan LSM Lokal

1. Yayasan Agro Lestari

2. Yayasan Plasma Indonesia.

3. Federasi Maritim

4. Yayasan Lestari

5. Yayasan Bahari

DATA ADMINISTRASI LEMBAGA

Nama Lembaga / Yayasan :

Yayasan Pelestarian Laut dan Pantai.

Marine and Coastal Conservation Foundation - MCCF

Badan Hukum

Akte Notaris Asbar Imran, SH Nomor 1 Tanggal 1 Maret 2005

NPWP. 02.334.921.0-811.000

Surat Pemberitahuan Keberadaan Organisasi

Dari Badan Kesatuan Bangsa Linmas Propinsi Sulawesi Tenggara No. 220/104-Kesbang Tgl. 14 Maret 2005.

-Bankers : Bank Rakyat Indonesia Cab. Kendari

-Alamat

BTN Multi Graha Blok K No. 2

Hp.085239737698

Kel. Rahandauna Kec. Poasia

Kota Kendari Sulawesi Tenggara

- E-mail : mccf_yplp@yahoo.co.id

- Website http://mccf-yplp.blogspot.com

- Kontak Person :

Abunaim Masdar,S.Pi Telp. 085239737698

Lamorianyah Syamsuddin Hp. 081310600131

MARI LESTARIKAN LAUT DAN PANTAI DEMI ANAK CUCU KITA DIKEMUDIAN HARI.

LAUT DAN PANTAI ADALAH SUMBER KEHIDUPAN MARI KITA JAGA BERSAMA


1 komentar:

melanophus mengatakan...

Mari bersama selamatkan laut. tanpa laut, bumi ini akan hancur . selamat bejuang :)